Arti Logo Kabupaten Probolinggo

logo kabupaten probolinggo Sebagai warga kabupaten Probolinggo maka seharusnya banyak tau mengenai Probolinggo itu sendiri, walaupun tidak semuanya harus diketahui, tapi jangan sampai tidak tau semuanya, karena kalau hal itu terjadi bisa-bisa anda dibilang warga kabupaten Probolinggo bajakan atau ketika ditanya tentang probolinggo malah lolah loloh, untuk itu pada kesempatan kali saya sengaja menuliskan tentang Arti atau makna Logo Kabupaten Probolinggo, berikut arti atau makna dari logo kabupaten Probolinggo yang saya kutip dari situs resmi Pemkab Probolinggo.



Sebuah Bintang, bersudut lima, berwarna kuning dengan lima berkas sinarnya berwarna putih
  1. Diatas Bintang, lukisan Angin berwarna merah putih
  2. Dibawah Bintang, lukisan Gunung berwarna biru tua
  3. Dibawah Gunung, lukisan Sungai berwarna putih
  4. Dibawah Sungai, lukisan Dataran tanah berwarna hijau
  5. Dibawah Dataran tanah, lukisan Gelombang Air Laut berwarna putih
  6. Pada sebelah kiri lukisan Gelombang Air Laut berwarna putih, aslinya hijau dan sebelah kiri bawah Buah Anggur sebanyak 17 (tujuh belas) buah dengan warna aslinya hijau muda
  7. Pada sebelah kanan, lukisan Daun Mangga sebanyak 5 (lima) helai dan sebelah kanan bawah 8 (delapan) Buah Mangga dengan warna aslinya hijau
  8. Dibawah Buah Anggur dan Mangga lukisan Pita putih berisi tulisan semboyan : “Prasadja Ngesti Wibawa”
Warna Merah berarti : Keberanian. Makna Lambang
  1. Bintang merupakan pertanda Ketuhanan Yang Maha Esa dan Lima berkas sinar Bintang dimaksudkan sebagai pertanda Dasar Falsafah Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila sebagai perwujudan kejiwaan Bangsa Indonesia yang kita amankan dan amalkan.
  2. Angin merupakan ciri khas bagi Daerah Kabupaten Probolinggo yang terkenal dengan sebutan “Angin Gending”. Angin yang arusnya sangat deras yang datang setiap musim kemarau dari arah Tenggara.
  3. Gunung sebagai pertanda Gunung Bromo. Sebuah gunung di Daerah Kabupaten Probolinggo terletak di Pegunungan Tengger dalam sebuah kalender yang luas dengan garis tengahnya kurang lebih 11 (sebelas) kilometer.
  4. Sungai sebagai pertanda “Sungai Banger”. Sebuah sungai yang semula memberi nama daerah Kabupaten ini pada zaman Bupati Probolinggo yang pertama Kiyai Tumenggung Djojolelono (tahun : 1746-1768).
  5. Dataran tanah merupakan pertanda keadaan tanah Daerah Kabupaten Probolinggo yang cukup subur.
  6. Gelombang Air Laut yang mewujudkan letak Daerah Kabupaten Probolinggo ditepi pantai (Selat Madura).
  7. Daun Anggur sebanyak 4 (emapat0 helai dengan buah Anggur 17 (tujuh belas) buah menunjukkan hasil buah-buahan khas Daerah Probolinggo (terkenal sejak tahun 1913).
  8. Daun Mangga sebanyak 5 (lima) helai dengan buah Mangga 8 9delapan) buah menunjukkan buah-buahan yang terkenal di seluruh Indonesia dan sekitarnya dan merupakan hasil buah-buahan khas daerah Probolinggo. Rangkaian buah Anggur (17), Buah Mangga (8), Daun Anggur (4), dan Daun Mangga (5), merupakan pertanda : Tanggal, bulan dan tahun “Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia”
  9. Pita Putih berisi semboyan : ;Prasadja Ngesti Wibawa”. Makna semboyan : “Prasadja” berarti : bersahaja, blaka, jujur, bares, dengan terus terang, “Ngesti” berarti : menginginkan, menciptakan, mempunyai tujuan, “Wibawa” berarti : mukti, luhur, muia. “Prasadja Ngesti Wibawa” berarti : Dengan rasa tulus ikhlas (bersahaja, jujur, bares) menuju kemuliaan.

Makna Warna-warna Yang Digunakan

  1. Warna Kuning berarti : Keagungan, Keluhuran, Kemuliaan.
  2. Warna Biru berarti : Kesetiaan.
  3. Warna Hijau berarti : Kesuburan, Kemakmuran.

0 komentar:

Poskan Komentar